Jumat, 27 September 2019

Video Seri Persiapan OSN Informatika


Sekitar 2 tahun yang lalu, saya dan Aji melakukan survey di grup Facebook Olimpiade Informatika Indonesia. Tujuan surveynya adalah mengukur apakah Training Gate TLX efektif dalam memberi pelajaran, dan juga media apa yang diharapkan ada untuk membantu pembelajaran. Hasilnya, media yang paling diminati adalah video pembelajaran, diikuti dengan buku, dan lain-lain. Berhubung tenaga kerja kami terbatas, maka dibuatlah buku terlebih dahulu.

Entah dari mana datangnya, tiba-tiba tim konten TOKI mendapatkan "hibah" tenaga kerja. Ali yang baru selesai studi mau membantu merekam dan mengedit video, sementara Aji dan Felix Jingga menyiapkan materinya. Pada akhirnya, mereka ditambah Andreas sukses merekam video pembelajaran yang dipublikasikan lewat youtube.

Pembelajaran melalui video tentunya sangat membantu, terutama mereka yang lebih cepat belajar dengan cara mendengarkan daripada membaca (cara belajar visual vs auditori). Saya menyarankan kalian yang ingin belajar OSN informatika untuk mencoba menonton videonya.


Hingga tulisan ini dibuat, sudah ada 16 video. Daftar videonya bisa anda cek di sini: https://www.youtube.com/watch?v=dnpkD_p12WM&list=PL42SmLrOBFuRoDXatrv1PajCbt2ejb2Gn.

Kini bertambahlah sumber pembelajaran kalian. Mulai dari forum, website, buku, sampai video. Yang diperlukan hanyalah motivasi dan semangat dari kalian. Jadi, selamat belajar!

1 komentar :