About Me

Salam pembaca!

Saya William Gozali, orang kelahiran 1990-an dan besar di lingkungan sosial Jakarta. Sejak TK, SD, SMP, sampai SMA, saya bersekolah di TK/SD/SMP/SMA Tarakanita Pluit. Jadi sudah 14 tahun saya menginjakkan kaki di tempat itu, dan akhirnya lulus. Berikutnya saya berkuliah di Universitas Indonesia, angkatan 2011 dalam jurusan Ilmu Komputer.

Saya bukan orang yang rumit. Tidak banyak keterampilan yang saya pelajari saat kecil. Di kala teman-teman saya sibuk les bermain musik, menyanyi, atau berdansa, saya hanya di rumah, mencorat-coret kertas bekas brosur/kalender dengan pensil, melipatnya menjadi bebek-bebekan, dan berimajinasi.

Saya orang yang hidup dalam kebebasan, bebas melakukan apa saja. Karena saya nyaman dalam kebebasan, saya menghormati kebebasan orang lainnya agar mereka pun hidup dengan nyaman. Saya juga berharap orang-orang dapat memiliki pemikiran seperti ini :)

Suatu ketika saya diperkenalkan dengan pemrograman, hidup saya berubah drastis. Pertama kali memprogram, rasanya sangat alami dan cocok dengan saya. Saya mulai mempelajari bagaimana membuat program sederhana, tampilan untuk pengguna, dan desain grafis. Hingga akhirnya pada saat SMA saya secara tidak sengaja jeblos ke olimpiade komputer, dan sekarang menempuh kehidupan sebagai coder.

Selain menggambar, saya senang:
  • Menonton film dokumenter tentang kehidupan liar
  • Bermain twisty puzzles (terutama Rubik's cube, saya cukup cepat dalam memainkannya, +- 25 detik)
  • Mendesain dan melipat origami
  • Bermain tenis meja
  • Mempelajari dan membaca peta
  • Bermain permainan strategi (salah satunya DotA)

Blog ini saya dedikasikan untuk kemajuan ilmu pemrograman dan pemecahan masalah (problem solving) bagi pelajar Indonesia (dan luar negri, dengan bantuan Google Translate untuk mereka). Fokus dari blog ini adalah mendemonstrasikan dan menunjukkan pola pikir dalam penyelesaian masalah, sehingga saya mengusahakan penjelasan yang dituliskan bertahap. Saya juga selalu menyatakan "jangan berharap begitu membaca soal, Anda akan langsung mengetahui solusinya (kecuali bila memang Anda luar biasa)". Analisa soal secara bertahap sangat diperlukan dalam menghadapi soal yang sulit dan kompleks. Demonstrasi tersebut akan saya sampaikan melalui pembahasan soal-soal yang tergolong bagus.

Selain itu, saya juga ingin membagikan tentang struktur data atau algoritma yang jarang dipaparkan, seperti segment tree dengan lazy propagation, menghitung expected number, dan teknik-teknik optimisasi algoritma. Seiring dengan bertambahnya waktu, saya menjanjikan ilmu-ilmu langka yang saya dapatkan akan saya bagikan :)

Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar untuk permintaan pembahasan soal/materi. Bila saya dapat membahasnya, maka akan saya bahas. Sebagai catatan, saya tidak membahas soal yang diskusinya sudah banyak dan jelas, atau soal Pelatnas TOKI yang belum dipublikasi.

Bagi kalian yang ingin tahu, berikut adalah sekuel kisah perjalanan saya yang berliku-liku di TOKI:
 Credit untuk tertulisnya blog ini:

    4 comments :

    1. Ayo main Dota bareng kak kapan2, haha....

      ReplyDelete
    2. Kak William,

      Saya request postingan tentang buku2 competitive programming,

      Selain Steven Felix Halim dan Skiena karna udah terkenal.

      Kalau bisa sih sekalian dipasang jga link downloadnya yg free,

      Kalo gk ada link downloadnya, cukup nama buku dan penulis udah bagus jga kok.

      Thanks..

      ReplyDelete
    3. kak, boleh nanya2 tentang soal pemrograman ga?

      ReplyDelete